Bisnis Susu Sapi Murni

Banyaknya bermunculan usaha dagang susu sapi murni dari kaki lima hingga yang mengarah ke "cafe" membuat masyarakat menjadi tertarik ingin mendapatkan khasiatnya hingga keuntungan bisnisnya.

Di Kabupaten Bekasi sendiri, telah banyak kita dapati tempat-tempat tertentu yang menjual susu sapi murni. Dari penjual yang biasa-biasa saja hingga penjual yang memang bermodalkan usaha yang besar yaitu dengan menyewa ruko yang besar.
Masyarakat pun semakin tertarik dengan minuman yang menyegarkan ini, apalagi dikonsumsi oleh semua lapisan usia, sehingga mereka berlomba-lomba mulai menjajaki bisnis menjual susu sapi murni siap minum.

Terlepas dari itu semua, masyarakat sebagai konsumennya juga harus mengetahui tentang susu sapi itu sendiri, khasiat hingga keuntungan yang di dapat.

Admin mencoba mengurai sedikit tentang susu sapi murni ini.

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi, kuda dan domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya. Di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana. Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia. Sementara, susu mulai masuk ke Inggris pada periode Neolitik.
 
Penggunaan keju dan susu dari Timur Tengah lewat Turki mulai dikenal oleh bangsa Eropa pada zaman Pertengahan. Kemudian, pada abad ke-15, para pelaut mulai membawa sapi perah untuk dipelihara dan diternakkan di dataran Eropa untuk konsumsi susu. Susu sapi sendiri baru dikenal oleh bangsa Indonesia lewat penjajahan Hindia Belanda pada abad ke 18.

Sebagian besar hewan mamalia, termasuk manusia, susu diberikan oleh induk melalui kelenjar susu induk. Beberapa kebudayaan meneruskan kebiasaan memberi air susu kepada bayi nya hingga umurnya mencapai 7 tahun. Sedangkan pada ternak, khususnya sapi, anak sapi diberikan susu selama sekitar 3 bulan, namun bisa disapih lebih dini dengan pemberian pakan brangkasan jagung.

Di beberapa negara, terutama di Eropa, meminum susu telah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan setiap sarapan. Susu terus diproduksi dengan cara mendirikan peternakan sapi perah. Pada zaman ini, susu tidak hanya diminum, melainkan diolah menjadi mentega, yogurt, bahkan es krim. Susu pun terus dikembangkan seiring dengan kemajuan zaman. Di Eropa, industri susu sangat maju dalam hal teknologi dan kualitas susu itu sendiri. Susu yang diproduksi di Eropa, rata-rata mengandung kandungan gizi yang tinggi. Hal ini yang menyebabkan, tinggi rata-rata orang Eropa jauh dari tinggi rata-rata orang Asia. Susu mengandung banyak sekali kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Susu tidak hanya dari sapi, tapi juga dari beberapa hewan mamalia lainnya yang dihasilkan melalui peternakan susu. Susu dari jenis hewan ternak selain sapi diantaranya:

    Susu domba
    Susu kambing
    Susu kuda
    Susu kerbau
    Susu keledai
    Susu unta, termasuk unta di Amerika Selatan, seperti llama
    Susu yak

Di Rusia dan daerah Laplandia, sejenis peternakan rusa perah dibuat untuk logistik susu di beberapa daerah di lingkar kutub utara. Susu kuda dan keledai mengandungi lemak sekitar 50% lebih rendah dari susu sapi. Susu paus mengandung kandungan lemak terbesar, yaitu 50% dari kadar susu tersebut. Namun, susu paus tidak dikonsumsi oleh manusia.

Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman.
Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.

Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas.

Berat jenis air susu adalah 1,028 kg/L. Penetapan berat jenis susu harus dilakukan 3 jam setelah susu diperah, sebab berat jenis ini dapat berubah, dipengaruhi oleh perubahan kondisi lemak susu ataupun karena gas di dalam susu.[butuh rujukan] Viskositas susu biasanya berkisar antara 1,5 sampai 2 cP, yang dipengaruhi oleh bahan padat susu, lemak, serta temperatur susu.
Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C, sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C. Titik didih dan titik beku ini akan mengalami perubahan apabila dilakukan pemalsuan susu dengan penambahan air yang terlalu banyak karena titik didih dan titik beku air yang berbeda.
Susu segar mempunyai sifat amfoter, artinya dapat berada di antara sifat asam dan sifat basa. Secara alami pH susu segar berkisar 6,5–6,7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5, berarti terdapat kolostrum ataupun aktivitas bakteri.

Berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free-fat Milk) atau susu skim (skim milk).

Susu murni harus mengandung sekurang-kurangnya 3,25% dari lemak susu dan 8,25% padatan susu bukan lemak (protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan mineral). Penambahan vitamin A dan D pada susu ini bersifat fakultatif.
Susu kurang lemak banyak dipilih orang orang-orang yang ingin mengurangi konsumsi lemak di dalam susu. Sesuai dengan namanya, kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 2%. Untuk konsumen yang menginginkan konsumsi lemak lebih sedikit lagi, diciptakanlah susu rendah lemak. Kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 1%.
Pada susu skim, kadar lemaknya dikurangi hingga hampir tidak ada sama sekali (0,1%), namun residu dari lemak susunya boleh tersisa hingga maksimum 0,5%. Karena vitamin A dan D yang larut dalam lemak ikut hilang pada proses penghilangan lemak, pada susu kurang lemak, susu rendah lemak, dan susu skim umumnya ditambahkan kedua vitamin tersebut.

Susu murni yang dipanaskan selama beberapa waktu akan terubah menjadi evaporated milk. Susu ini terbentuk melalui pemanasan susu dengan menggunakan pompa vakum untuk menghilangkan kira-kira 60% kadar airnya. Selain penghilangan air, dalam pembuatan evaporated milk ini juga dilakukan penambahan vitamin D serta standardisasi nutrisi. Selanjutnya susu ini akan dipanaskan pada suhu 115,5-118,5 °C selama 15 menit untuk sterilisasi. Hasilnya, evaporated milk akan berstruktur lebih pekat dibandingkan susu murni, dan mengandung kira-kira 25% padatan susu bukan lemak. 

Komposisi susu diantaranya terdiri atas air, bahan kering, lemak, bahan kering tanpa lemak, protein, dan laktosa. Setiap hewan memiliki komposisi susu yang berbeda-beda, baik antar hewan, antar jenis, maupun antar bangsa hewan. Susu sapi memiliki kadar lemak 3,1%, protein 2,8%, bahan kering 11,2%, bahan kering tanpa lemak 8,1%. Sedangkan komposisi susu kambing terdiri atas kadar lemak 6,34%, protein 4,97%, bahan kering 15,32%, bahan kering tanpa lemak 8,97%. Berdasarkan hasil komposisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan kering, kadar lemak, dan protein susu kambing lebih tinggi dari pada susu sapi. Kandungan omega-3 dalam susu sapi dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan kaya omega-3 seperti campuran garam kering karboksilat  Kombinasi selang pemerahan yang berbeda berpengaruh (P<0.05) terhadap produksi dan laju sekresi susu sapi perah.

Bisnis susu sapi murni mulai menjamur, namun tidak semua penjual susu sapi murni amanah dengan dagangannya.
Kadang penjual susu sapi murni ada saja yang mencampurnya susu dengan sedikit air,  ada yang menjual susu bubuk lalu dicairkan seakan-akan mereka menjualnya seperti susu sapi murni, ada yang menjual susu UHT dari merek tertentu dan juga seakan-akan mereka menjual susu sapi murni.

Tips mengetahui kualitas susu sapi yang benar-benar murni adalah:
- Lihat tekstur susu ketika dimasak, semakin banyak kepala susu yang terlihat maka semakin baik kualitas susu tersebut.
- Bila dirasa setelah dimasak, kekentalan rasa susunya lebih gurih, tidak berasa/ berbau asam, dan berasa sangat kental/ tidak cair seperti air.

Asumsi yang diperkirakan pedagang tidak amanah:
- Karena tidak terlihatnya cara/ kondisi memasak susu sapi murni yang baik oleh pembeli, maka si penjual dapat leluasa mencampur susu tersebut dengan kandungan lain, atau digantikan dengan susu bubuk/ UHT dengan alasan si penjual tidak mau repot untuk memasaknya karena butuh waktu dan biaya tambahan.
- Si penjual kadang tidak mengetahui kriteria susu yang baik/ layak minum sehingga si penjual hanya tahunya mencampur susu sapi murni tersebut dengan berbagai ekstrakan aneka rasa.
- Kurangnya pengetahuan pembeli terhadap Susu Berkualitas baik.

Penjual susu sapi murni yang baik meliputi faktor:
- pengiriman. Pengiriman susu sapi dari peternak hingga kios jual harus tertutup/ minimal menggunakan plastik, tidak menaruhnya sembarangan di kendaraan sehingga terkena panas matahari atau knalpot kendaraan.
- Penyimpanan. Bila susu tersebut disimpan, simpanlah di dalam freezer/ lemari pendingin beberapa saat setelah pemerahan/pengepakan. Bila susu sapi tersebut disimpan dalam area jual/ kios, pastikan di taruh dalam kotak pendingin/ cooler.
- Pemasakan. Susu yang baru diperah umumnya dimasak terlebih dahulu. Masaknya pun tidak sampai mendidih, bila diukur dengan termometer berkisar 70 derajat hingga 72 derajat celcius. Bila dilihat penampakan di atas susu yang mencapai ukuran kematangan adalah adanya tumpukan kepala susu atau seperti gumpalan yang tebal. Dan bila gumpalannya tipis atau bahkan tidak ada sama sekali maka bisa dipastikan kualitas susu tersebut harus dipertanyakan atau ada kandungan air yang berlebih.

- Tempat Rekomendasi Pembelian.  Ada beberapa tempat yang mungkin anda ingin membuktikan keasliannya, yaitu; Kedai yang bernama Mimi-Moo dengan berpusat di Belakang RS. Mitra Bekasi Barat dan adapun mitra-mitranya ada di 
- mimi-moo Perum Depkes, Jatibening Bekasi.
- mimi-moo Jatinegara, Jakarta.
- mimi-moo Perumnas 1 (tower) Bekasi
- mimi-moo Jl. Dewi Sartika Bekasi
- mimi-moo RSUD Kota Bekasi
- mimi-moo Perum Duta Harapan Bekasi
- mimi-moo Al Azhar Kalimalang Bekasi
- mimi-moo Harapan Indah Bekasi
- mimi-moo Pemancingan Irigasi Kota Bekasi
. Untuk di tempat lain kami belum merasakan kegurihan dan cara masak yang tepat serta malah ada yang menggunakan susu UHT bahkan susu Bubuk yang dicairkan dengan sedikit air lalu disajikan kepada si pembeli.


- Manfaat Mengunakan Bahan Baku Susu Sapi Murni berkulitas. Ada banyak manfaat yang bisa digunakan selain meminumnya langsung, yaitu; susu dapat diolah menjadi Yoghurt, Ice Cream, Soto Betawi, Makaroni schutel, Kue Cubit, Martabak, Roti, Kefir, Puding, Dll. Dengan menggunakan susu berkualitas tentunya rasa dan aromanya akan membuat anda benar-benar menikmatinya ketika menyantapnya.

- Pesan. Hati-hati dan teliti untuk membeli susu/ susu sapi murni di kedai atau cafe susu, karena tidak semua penjual mengerti akan dagangannya sendiri bahkan malah mengakali pembeli dengan mencampur dagangannya dengan air agar keuntungan yang didapat berlipat ganda. Sesekali sidaklah ke bagian dapur atau tempat cara memasaknya, karena dengan begitu anda akan lebih yakin dan mendapatkan manfaat dari dagangan si penjual.
Konsumen di Bekasi sudah terlalu mudah untuk ditipu dengan cara minuman dingin yang manis, murah, hilangkan dahaga serta mengenyangkan namun tidak tahu kualitas.

Sumber :
wikipedia.com
interview penjual
pengamatan langsung


0 komentar:

Posting Komentar

LABEL

13 Kecamatan (1) 1435H (1) 3M (1) 5 Kecamatan (1) ABG (1) Aedes Aegypti (1) Air Bersih (1) Air galon (1) Air isi Ulang (1) Aksen (1) Alat Kesehatan (1) Alat lab (1) Alkes (1) Arti Disiplin (1) Babelan (6) Babelan Kota (1) Bahagia (4) Bahasa Asli Bekasi (1) Bahasa Kampung (1) Bekasi (28) Bekasi Utara (13) Berbagi (24) Berdagang (2) Berdebu (1) Berita (3) Berita Lokal (14) Berkualitas (1) Berlibur (1) Bermasalah (1) bisnis (2) Bisnis Online (2) Bisnis Susu (1) Bogor (1) BPJS (1) Bupati Bekasi (1) Catatan Bekasi (2) Chandrabaga (2) Cibarusah (1) Cikarang (1) Ciri Susu (1) Cluster Taman Flora (5) Contoh Surat (1) Contoh Surat-surat warga (2) Curanmor (2) Daftar Harga (1) DBD (1) Dicari (1) Didien (1) Disiplin (1) Do'a (1) Do'a Taman Flora (1) Do'a Warga (1) Donatur (1) Dorsumsisi (1) Download (3) e-KTP (1) Eceran Herbal (1) Electrocautery (1) Endang (1) Event (1) Fasilitas Kesehatan (1) Flash Cutter (1) Fogging (1) Gelandangan (1) Geografi Bekasi (1) Grosir Alkes (1) Grosir Herbal (1) Hal Baru (1) Harapan Usaha Panjang (1) Harga Makanan (1) Harga Minuman (1) Hati-hati (2) Herbal (1) Herbal Bekasi (1) Herbal Berkhasiat (1) Herbal Jawa Barat (1) Herbal Murah (1) Hidup Bersih (1) Himbauan (1) Hymne Bekasi (1) Ibu Kontrakkan (1) ID (1) Industri Kerajinan (1) Internet (4) Izin Industri (1) Izin Tempat Usaha (1) Jakarta (2) Jalan-Jalan (1) Jaringan (1) Jasa Pengamanan (1) Jual Susu (1) Jumlah Penduduk Kab Bekasi (1) Kabupaten Bekasi (15) kabupaten Bekasi Utara (3) Kampung irian (1) Kampung Jati (1) Kampung Kebalen (1) Kampung Kebon Bambu (1) Kampung Poncol (1) Karakteristik Bekasi (1) Kartu Penduduk (1) Kavling Taman Wisata (1) Kebalen (1) Kecamatan Babelan (3) Kejahatan (1) Kelapa Gading (1) Kelemahan Speedy (1) Kelurahan Bahagia (5) Kelurahan di Bekasi (1) Kendaraan (1) Kendaraan Bermotor (1) Kepanitiaan Musholla (1) Kepentingan Ibadah (1) Ketegasan (1) Ketetapan (1) Keunggulan Speedy (1) Keuntungan Besar (1) Khitan (1) Khitan dalam Islam (1) Kilasan (1) Kirim Artikel (1) Klinik (1) Kode Etik Amatir Radio (1) Koneksi Internet (3) Kota Cikarang (1) Kota Kurdis (1) Kotak Amal (1) Kp Kelapa Dua (1) Kp Penggilingan Tengah (1) Kriminal (1) KTP (1) KTW (3) KTW Taman Flora (2) Kurdis (1) lagu Bekasi (1) Lain-lain (3) Laser Carbon Dioxide (1) Layanan Kemanan (1) Layanan Security (1) LEBARAN'S DAY (2) Liburan (1) Lingkungan Kita (1) Listrik (1) Logat Bekasi (1) Luas Kabupaten Bekasi (1) Makanan (2) Malam (1) Maling (1) Manfaat khitan (1) Mars Bekasi (1) Masjid (1) Materai 3000 (1) Materai 6000 (1) Materai Palsu (1) Melamar Bekerja (1) Menarik (1) Mencari Keuntungan (2) Mencari Pekerjaan (1) Mengemis (1) Migas (1) Minta-minta (1) Minuman (1) Modus (1) Ms Word (1) Musholla (1) Musholla Nurul Iman (1) Mutu Kesehatan (1) Nasi Uduk (1) Neneng Hasanah Yasin (1) Obat Herbal (1) Orang bermasalah (1) Organisasi Masyarakat (1) Pajak (1) Paket Internet (1) Parkir (1) Pelajar (1) Pelaku Curanmor (1) Pelarian (1) Pelayanan kesehatan (1) Peluang Usaha (2) Pemalsu (1) Pemekaran (2) Pemekaran Kecamatan (1) Pemerintah (1) Pemerintahan Kecil (1) Pemilihan RW 047 (1) Pencurian (2) Penduduk Bekasi (1) Pengemis (1) Pengendara Motor (1) Pengusaha Nakal (1) Pengutang (1) Penipu (1) Penis (1) Penyemprotan Nyamuk (1) Perbatasan DKI Jakarta (1) Perda Nomor 26 (1) Perilaku (1) PHBS (1) Photo Bareng (1) Photo Gallery (7) Pilihan Bijak (1) PMNI (1) Point Melamar Bekerja (1) Pondok Ungu (1) Provider (1) Pusat Herbal (1) Radio Amatir Bekasi (1) Rakyat Bekasi Utara (1) Resistensi Aedes (1) RS (1) RT (1) RTO (1) Rukun tetangga (1) Rukun Warga (1) Rumah Sakit (1) Rumah Sakit Umum (1) RW 047 (1) Sampah (1) Sanksi (1) Sanksi Pajak (1) Santai (1) Sarana dan Prasarana (1) SD (1) Security (1) Sehat (1) Sejarah Desa Kebalen (1) Sejarah Kota Bekasi (1) Sekolah Bekasi (1) Sembunyi (1) Siaga 1 (1) Sistem Keamanan (1) SMA (1) SMA Di Bekasi (1) SMA Islam Bekasi (1) SMA Kabupaten Bekasi (1) SMA Kota Bekasi (1) SMA Kristen Bekasi (1) SMA Negeri (1) SMA Swasta (1) Smart Clamp (1) SMP (1) SMS (1) SMS Penipuan (1) Sosialisasi (1) Speedy (1) Stasiun Kereta Api (1) STIKes YATSI (1) Sukatani (1) Sumbangan (1) Sumber Alkes (1) Sumber Dana (1) Summarecon Bekasi (1) Sunat (1) Sunat Laser (1) Sunter (1) Surat Izin Gangguan (1) Surat Izin Usaha (1) Surat Keterangan (1) Surat Permohonan (1) Surat Warga (2) Susu (1) Susu Asli (1) Susu Enak (1) Susu Murni (1) Susu Sapi (1) Susu Sapi Cair (1) Susu Sapi Murni (1) Taman Flora (5) Tamasya (1) Tangani Sampah (1) Tangerang (1) Tara Clamp (1) Tegas (1) Telepon (1) Telkom (1) Tempat Asyik (1) Tentang Kami (4) Tidak Becus (1) Tipe Rumah sakit (1) Tips (2) Transmigrasi (1) Transportasi (1) Ucapan (1) Untuk Keluarga (1) Usaha (1) Usia Produktif (1) Visi Misi Usaha (1) Wacana Bekasi Utara (1) Wajib (1) Waspada (2) Wilayah Bekasi (2) Wisata (1)

From Admin



PASANG IKLAN ANDA DISINI MAX. 680px x 300px



Agen Susu Sapi Murni & Susu Kambing Etawa wilayah Pondok Ungu: Info, SMS atau WA 0818 7246 58


Kabar dari :
RW047

KRL BEKASI :


EURO FOOTBAL ONLINE:


KECAMATAN BABELAN VIA WIKIMAPIA.COM:


KELURAHAN BAHAGIA VIA WIKIMAPIA.COM:


PETA DAN TABEL KALENDER TANAM TERPADU KOTA BEKASI SUMBER: BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN:

Download PDF-nya:
Download Kalender Tanam Sekarang