Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang di Kavling Taman Wisata dan Sekitarnya

Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang mempunyai prospek yang semakin besar di Wilayah Bekasi Utara, hal ini di karenakan berubahnya paradigma masyarakat yang biasanya memasak sendiri air untuk minum namun sekarang membeli air siap minum kemasan. Hal ini tak lepas dari sulitnya air bersih yang di dapat dan menurunnya kwalitas air bersih yang di produksi PDAM, bau kimia masih tercium bila air dimasak dan rasanya tidak enak. Setiap orang pasti membutuhkan air minum setiap harinya, bagi yang mampu memang bisa dengan mudah membeli air minum bermerek dengan nilai beli Rp. 10.000 - Rp. 15.000 sedangkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah lebih memilih air minum isi ulang karena harganya yang jauh lebih murah dibanding yang bermerek yaitu di kisaran Rp. 4.000 - Rp.6.000. Oleh karena itu Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang sangat mempunyai potensi terutama di perkotaan yang selama ini menggantungkan diri dari air produksi PDAM, Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang juga sudah bisa ditemui dipinggiran karena kepraktisan dan perubahan paradigma masyarakat tersebut.

Sebelum Anda memulai usaha, ada baiknya membaca sedikit ulasan berikut:
Keadaan kualitas air di Bekasi Utara kurang baik kecuali Anda benar-benar memperhitungkan kadar kualitas air dengan alat ukur yang pas agar dapat dikonsumsi.
Nah, dengan hal seperti inilah, usaha Air Minum Isi ulang tidak pernah ada matinya. Ada yang mempunyai hingga 5 Usaha pengisian, ada yang mempunyai hingga puluhan tahun, dan ada yang terus bekembang dengan cara mencari hal lain seperti bermacam-macam produknya seperti air Original (pengolahan biasa), Air RO, "Air berkhasiat" dan lain-lain. Sebenarnya prosesnya sama, yaitu semakin lama melakukan pem-filteran maka semakin baik PH dari kadar air untuk dikonsumsi tersebut.
Kadangkala, untuk proses filterisasi kualitas air untuk dikonsumsi minum sebagai air komersil, tidak selamanya para pengusaha menjaga kualitasnya bahkan mereka cenderung mencari nama dengan segel yang meyakinkan pembeli atau dengan layanan cepat antar.

Gambar ilustrasi dari : alamtirtamas.wordpress.com


Proses filterisasinya dibuat sedemikian rupa sehingga seperti terlihat lebih sulit diproses, kemudian dalam ketidaktahuan para pembeli, ternyata ada saja bagi para pengusaha "bandel" yang hanya membuat bermacam-macam segel namun dengan kualitas air yang sama. Alasan ini wajar dengan pertimbangan, para pengusaha, demi untuk menjaga kualitas air haruslah rajin mengganti "filter" proses produksi, dan ini memakan biaya untuk periode tertentu. Ada yang membiasakan dengan layanan cepat, sedangkan untuk kualitas yang baik proses filterisasi memerlukan waktu yang tidak sebentar dan bahkan keluaran hasil filterisasi dari pengolahan air hanya sedikit tidak dapat digambarkan seperti orang yang sedang membuka kran air biasa lalu keluar airnya. Belum lagi ditambah alat ukur kualitas air yang biasanya harus dijaga PH dari kadar air yang layak minum untuk terus diamati. Sedangkan dari cara pembersihan botol-botol/ galon-galon yang akan diisi sendiri juga tidak selamanya anda perhatikan. Nah, proses-proses seperti inilah yang kadang diabaikan oleh para pengusaha air isi ulang.

Untuk lebih menjadikan anda berhati-hati mengkonsumsi dari hasil meminum air-air para pengusaha isi ulang ini, ada baiknya anda mengenal sedikit tentang kualitas air dan cara proses filterisasi yang menjadikan air minum anda untuk layak diminum. Sudah banyak dijual alat-alat ukur yang dapat mengukur semua kadar air yang layak untuk anda minum. Dan dapat dibeli bebas di toko-toko peralatan medis / laboratorium.
dan bila anda mengenal masing-masing alat ini, maka anda dapat mengetahui kadar PHnya dari kualitas air komersil ini, ternyata tidak semuanya produk "air berkhasiat" PHnya sama tercantum/ tertulis pada labelnya, malah ada yang dibawah kualitas air minum bermerk yaitu di bawah PH 7. Hati-hati jangan sampai tergiur dengan produk-produk yang menjanjikan berkhasiat!

Nah, demikianlah ulasan untuk dapat Anda mengerti. Dan berikut gambaran tentang Membuka Usaha Air Minum Isi ulang:


Tempat usaha air minum isi ulang haruslah di kawasan padat penduduk, pilihlah lokasi yang mudah di jangkau dan di pinggiran jalan sebab mobil tangki pengisi air minum mesti datang dari waktu ke waktu. Kita bisa membuka usaha kecil ini di sekitar perumahan, kita bisa memanfaatkan sebagian rumah kita yang di "sulap" menjadi tempat usaha ini.

Perlengkapan Usaha Air Minum Isi Ulang
Modal awal untuk usaha ini memang cukup besar, hal ini dikarenakan perlengkapan usaha yang di butuhkan juga cukup lumayan harganya. Tentu saja yang paling penting adalah alat penyulingan air minum isi ulang yang bisa anda dapatkan dari para supplayer, biasanya para supplayer alat ini juga akan menyediakan air minum isi ulang yang bisa anda beli per tangki yang di ambil dari mata air pegunungan. Harga untuk Paket alat penyulingan air minum isi ulang ini bervareasi, saat ini berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta tergantung teknologi, jenis filtrasi, ukuran dan kapasitas.

Saat anda memutuskan membelinya, pastikan ada garansi purna jual atau perawatan dari supplayer termasuk ketersediaan stock lampu UV dan alat filtrasi lainnya yang mungkin akan anda butuhkan dikemudian hari. Anda juga membutuhkan tangki penampungan air dengan kapasitas diatas 5000 liter, hal ini di karenakan isi dari satu tangki mobil air minum isi ulang adalah 5000 liter. Dikarenakan harga tangki air ukuran 5000 liter ke atas masih mahal (sekitar Rp 5 jutaan ), anda dapat membangun tandon air sendiri dengan kapasitas besar. Anda juga mesti membeli Tisu + Tutup Galon dan air baku untuk usaha ini.

Berikut Perlengkapan usaha yang di butuhkan.
Perlengkapan
Harga (Rp)
Tangki penampungan air
5.000.000 (harga mungkin saat ini ada kenaikan)
Alat penyulingan air
10.000.000 (harga mungkin saat ini ada kenaikan)
20 Galon air minum @35.000
(harga mungkin saat ini ada kenaikan)
Troli untuk membawa galon air
250.000
Meja kursi + Perlengkapan kantor
300.000


Karyawan Usaha Air Minum Isi Ulang
Untuk usaha ini anda memang membutuhkan setidaknya 1 orang karyawan bila anda terjun langsung, anda bisa bertindak sebagai kasir dan seorang karyawan sebagai pengisi air. Bila anda memutuskan ingin memberikan layanan pesan antar, maka setidaknya anda memerlukan satu atau dua orang guna melakukan pengantaran dan membantu operational. Untuk itu anda juga bisa menyediakan transfortasi seperti sepeda atau sepeda motor yang di modifikasi

Promosi Usaha Air Minum Isi Ulang
Umumnya usaha air minum isi ulang ini 80% menunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Namun anda juga harus melakukan promosi untuk usaha ukm anda ini, sebuah spanduk atau banner besar di depan lokasi usaha wajib di buat untuk memberitahukan usaha anda. Anda juga dapat menyebarkan brosur dan kartu nama yang berisi informasi usaha anda, pastikan terdapat No Telp yang bisa dihubungi untuk delivery. Bagi anda yang mempunyai managemen yang sudah baik, anda dapat meminjamkan galon air kepada calon pelanggan. Peminjaman galon air akan menjamin pelanggan selalu mengisi air isi ulang di tempat kita namun hanya boleh dilakukan bila managemen anda sudah baik, sebab bila buruk akan banyak galon air tidak kembali dan hilang.

Harga Jual Air Minum Isi Ulang
Harga jual air minum isi ulang di wilayah Kavling Taman Wisata dan sekitarnya, seharga Rp 4.500, Rp 5.000 hingga Rp 6,500. Pastikan harga jual yang anda tetapkan tidak melebihi harga jual pesaing di sekitar lokasi anda.

Resiko Usaha Air Minum Isi Ulang
Resiko terbesar berasal dari pesaing, adanya pesaing baru biasanya akan menurunkan omzet dalam 3 bulan pertama. Setelah itu bila pelayanan anda prima, biasanya pelanggan anda akan kembali normal. Resiko lain adalah berasal dari kita sendiri seperti rasa air yang tidak enak dan layanan delivery yang tidak tepat waktu. Rasa air minum yang tidak enak bisa disebabkan karena tabung filter yang jarang dibersihkan, penggantian filter cartridge yang tidak terjadwal maupun kwalitas air baku yang jelek.

Bisnis depot air minum isi ulang sangat mudah untuk dijalankan. Hal ini karena untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan keterampilan dan keahlian khusus. Secara kualitas pun air yang dihasilkan cukup terjaga  selama pendistribusiannya disuplai langsung dari mata air tertentu, tergantung dari agen perusahaan depot air isi ulang tersebut. Hal yang harus diperhatikan adalah pemrosesan yang harus bersih dan streril dari mulai botol galon air itu dibersihkan, pengisian air mineral, hingga penutupan botol dengan menggunakan segel yang rapat. Selanjutnya, air minum isi ulang tersebut telah siap untuk dikonsumsi.

Memulai Usaha

Dalam menjalankan bisnis depot air minum isi ulang, hal yang harus dipersiapkan adalah :
  • Menyiapkan tempat yang akan digunakan sebagai depot air minum isi ulang. Pilihlah tempat yang strategis dan berada di lingkungan yang ramai, misalnya di perumahan. Untuk pemilihan tempat, rumah pribadi pun dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis usaha ini.
  • Menyiapkan mesin air minum isi ulang dari agen atau distributor yang Anda pilih. Untuk mesin ini ada banyak variasi harga dari yang hanya Rp 25 juta hingga lebih, tergantung budget yang Anda persiapkan. Apabila dana terbatas, Anda bisa memilih mesin yang berharga Rp 25 juta dengan paket satu tabung terlebih dahulu sambil menguji peluang usaha ini dilokasi tempat yang telah Anda pilih. Barulah kemudian hari jika sudah teruji dan modal bertambah Anda dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas bisnis ini dengan menggunakan alat pembersih bakteri atau kuman.
  • Melakukan pembersihan berkala meliputi pembersihan mesin dan lokasi usaha agar kenyamanan tempat usaha terjaga.

Hambatan Usaha

Dalam menjalankan usaha ini ada beberapa hambatan yang dapat kita temui, antara lain :
  • Kuantitas penjualan tidak diimbangi dengan perawatan peralatan.
  • Sumber air berasal dari air tanah, bukan air pegunungan.
  • Tempat usaha kumuh karena kebersihan kurang dijaga.
  • Konsumen tidak percaya dengan kualitas air minum isi ulang yang dihasilkan oleh depot Anda.

Strategi Usaha

  • Jagalah kebersihan dan kerapihan agar konsumen nyaman dan percaya.
  • Ramah dalam melayani pelanggan.
  • Memberikan promosi untuk isi ulang 10x bonus 1x.
  • Adanya pelayanan ekstra seperti gratis antar jemput dalam radius jarak 5 km dari depot air minum isi ulang
  • Menguji kualitas air minum isi ulang secara berkala di laboratorium kesehatan, kemudian hasil laboratorium dipajang didepan  depot air mineral Anda.
 

(contoh ini hanya semata-mata sebagai pertimbangan untuk Anda sebelum memulai usaha dan ini berdasarkan informasi dari salah satu pengusaha air minum yang telah berdiri tahunan di KTW yang dapat menggaji 6 orang karyawannya hingga 2,5juta perbulan dan sudah termasuk bonus-bonus lho)

0 komentar:

Posting Komentar

LABEL

13 Kecamatan (1) 1435H (1) 3M (1) 5 Kecamatan (1) ABG (1) Aedes Aegypti (1) Air Bersih (1) Air galon (1) Air isi Ulang (1) Aksen (1) Alat Kesehatan (1) Alat lab (1) Alkes (1) Arti Disiplin (1) Babelan (6) Babelan Kota (1) Bahagia (4) Bahasa Asli Bekasi (1) Bahasa Kampung (1) Bekasi (28) Bekasi Utara (13) Berbagi (24) Berdagang (2) Berdebu (1) Berita (3) Berita Lokal (14) Berkualitas (1) Berlibur (1) Bermasalah (1) bisnis (2) Bisnis Online (2) Bisnis Susu (1) Bogor (1) BPJS (1) Bupati Bekasi (1) Catatan Bekasi (2) Chandrabaga (2) Cibarusah (1) Cikarang (1) Ciri Susu (1) Cluster Taman Flora (5) Contoh Surat (1) Contoh Surat-surat warga (2) Curanmor (2) Daftar Harga (1) DBD (1) Dicari (1) Didien (1) Disiplin (1) Do'a (1) Do'a Taman Flora (1) Do'a Warga (1) Donatur (1) Dorsumsisi (1) Download (3) e-KTP (1) Eceran Herbal (1) Electrocautery (1) Endang (1) Event (1) Fasilitas Kesehatan (1) Flash Cutter (1) Fogging (1) Gelandangan (1) Geografi Bekasi (1) Grosir Alkes (1) Grosir Herbal (1) Hal Baru (1) Harapan Usaha Panjang (1) Harga Makanan (1) Harga Minuman (1) Hati-hati (2) Herbal (1) Herbal Bekasi (1) Herbal Berkhasiat (1) Herbal Jawa Barat (1) Herbal Murah (1) Hidup Bersih (1) Himbauan (1) Hymne Bekasi (1) Ibu Kontrakkan (1) ID (1) Industri Kerajinan (1) Internet (4) Izin Industri (1) Izin Tempat Usaha (1) Jakarta (2) Jalan-Jalan (1) Jaringan (1) Jasa Pengamanan (1) Jual Susu (1) Jumlah Penduduk Kab Bekasi (1) Kabupaten Bekasi (15) kabupaten Bekasi Utara (3) Kampung irian (1) Kampung Jati (1) Kampung Kebalen (1) Kampung Kebon Bambu (1) Kampung Poncol (1) Karakteristik Bekasi (1) Kartu Penduduk (1) Kavling Taman Wisata (1) Kebalen (1) Kecamatan Babelan (3) Kejahatan (1) Kelapa Gading (1) Kelemahan Speedy (1) Kelurahan Bahagia (5) Kelurahan di Bekasi (1) Kendaraan (1) Kendaraan Bermotor (1) Kepanitiaan Musholla (1) Kepentingan Ibadah (1) Ketegasan (1) Ketetapan (1) Keunggulan Speedy (1) Keuntungan Besar (1) Khitan (1) Khitan dalam Islam (1) Kilasan (1) Kirim Artikel (1) Klinik (1) Kode Etik Amatir Radio (1) Koneksi Internet (3) Kota Cikarang (1) Kota Kurdis (1) Kotak Amal (1) Kp Kelapa Dua (1) Kp Penggilingan Tengah (1) Kriminal (1) KTP (1) KTW (3) KTW Taman Flora (2) Kurdis (1) lagu Bekasi (1) Lain-lain (3) Laser Carbon Dioxide (1) Layanan Kemanan (1) Layanan Security (1) LEBARAN'S DAY (2) Liburan (1) Lingkungan Kita (1) Listrik (1) Logat Bekasi (1) Luas Kabupaten Bekasi (1) Makanan (2) Malam (1) Maling (1) Manfaat khitan (1) Mars Bekasi (1) Masjid (1) Materai 3000 (1) Materai 6000 (1) Materai Palsu (1) Melamar Bekerja (1) Menarik (1) Mencari Keuntungan (2) Mencari Pekerjaan (1) Mengemis (1) Migas (1) Minta-minta (1) Minuman (1) Modus (1) Ms Word (1) Musholla (1) Musholla Nurul Iman (1) Mutu Kesehatan (1) Nasi Uduk (1) Neneng Hasanah Yasin (1) Obat Herbal (1) Orang bermasalah (1) Organisasi Masyarakat (1) Pajak (1) Paket Internet (1) Parkir (1) Pelajar (1) Pelaku Curanmor (1) Pelarian (1) Pelayanan kesehatan (1) Peluang Usaha (2) Pemalsu (1) Pemekaran (2) Pemekaran Kecamatan (1) Pemerintah (1) Pemerintahan Kecil (1) Pemilihan RW 047 (1) Pencurian (2) Penduduk Bekasi (1) Pengemis (1) Pengendara Motor (1) Pengusaha Nakal (1) Pengutang (1) Penipu (1) Penis (1) Penyemprotan Nyamuk (1) Perbatasan DKI Jakarta (1) Perda Nomor 26 (1) Perilaku (1) PHBS (1) Photo Bareng (1) Photo Gallery (7) Pilihan Bijak (1) PMNI (1) Point Melamar Bekerja (1) Pondok Ungu (1) Provider (1) Pusat Herbal (1) Radio Amatir Bekasi (1) Rakyat Bekasi Utara (1) Resistensi Aedes (1) RS (1) RT (1) RTO (1) Rukun tetangga (1) Rukun Warga (1) Rumah Sakit (1) Rumah Sakit Umum (1) RW 047 (1) Sampah (1) Sanksi (1) Sanksi Pajak (1) Santai (1) Sarana dan Prasarana (1) SD (1) Security (1) Sehat (1) Sejarah Desa Kebalen (1) Sejarah Kota Bekasi (1) Sekolah Bekasi (1) Sembunyi (1) Siaga 1 (1) Sistem Keamanan (1) SMA (1) SMA Di Bekasi (1) SMA Islam Bekasi (1) SMA Kabupaten Bekasi (1) SMA Kota Bekasi (1) SMA Kristen Bekasi (1) SMA Negeri (1) SMA Swasta (1) Smart Clamp (1) SMP (1) SMS (1) SMS Penipuan (1) Sosialisasi (1) Speedy (1) Stasiun Kereta Api (1) STIKes YATSI (1) Sukatani (1) Sumbangan (1) Sumber Alkes (1) Sumber Dana (1) Summarecon Bekasi (1) Sunat (1) Sunat Laser (1) Sunter (1) Surat Izin Gangguan (1) Surat Izin Usaha (1) Surat Keterangan (1) Surat Permohonan (1) Surat Warga (2) Susu (1) Susu Asli (1) Susu Enak (1) Susu Murni (1) Susu Sapi (1) Susu Sapi Cair (1) Susu Sapi Murni (1) Taman Flora (5) Tamasya (1) Tangani Sampah (1) Tangerang (1) Tara Clamp (1) Tegas (1) Telepon (1) Telkom (1) Tempat Asyik (1) Tentang Kami (4) Tidak Becus (1) Tipe Rumah sakit (1) Tips (2) Transmigrasi (1) Transportasi (1) Ucapan (1) Untuk Keluarga (1) Usaha (1) Usia Produktif (1) Visi Misi Usaha (1) Wacana Bekasi Utara (1) Wajib (1) Waspada (2) Wilayah Bekasi (2) Wisata (1)

From Admin



PASANG IKLAN ANDA DISINI MAX. 680px x 300px



Agen Susu Sapi Murni & Susu Kambing Etawa wilayah Pondok Ungu: Info, SMS atau WA 0818 7246 58


Kabar dari :
RW047

KRL BEKASI :


EURO FOOTBAL ONLINE:


KECAMATAN BABELAN VIA WIKIMAPIA.COM:


KELURAHAN BAHAGIA VIA WIKIMAPIA.COM:


PETA DAN TABEL KALENDER TANAM TERPADU KOTA BEKASI SUMBER: BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN:

Download PDF-nya:
Download Kalender Tanam Sekarang