e-KTP

Prakata:
Apa itu e-KTP,
e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup.
Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk)
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Quote:
Autentikasi Kartu Identitas (e-ID) biasanya menggunakan biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Ada banyak jenis pengamanan dengan cara ini, antara lain sidik jari (fingerprint), retina mata, DNA, bentuk wajah, dan bentuk gigi. Pada e-KTP, yang digunakan adalah sidik jari.
Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:
Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut:
1. Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain
2. Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores
3. Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Quote:
Informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada layout kasar berikut:
Untuk mendapatkan informasi di atas dari penduduk, wajib KTP harus mengisi formulir tipe F1.01.
Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:
1. Identitas jati diri tunggal
2. Tidak dapat dipalsukan
3. Tidak dapat digandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Quote:
Struktur e-KTP terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:
1. Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
2. Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
3. Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai spiral)
4. Printing,yaitu pencetakan kartu
5. Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
6. Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman
e-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.
Penyimpanan data di dalam chip sesuai dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006. Bentuk KTP elektronik sesuai dengan ISO 7810 dengan form factor ukuran kartu kredit yaitu 53,98 mm x 85,60 mm.
Mengapa harus e-KTP?
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Quote:
Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:
1. Menghindari pajak
2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
3. Mengamankan korupsi
4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Quote:
Kartu identitas elektronik telah banyak digunakan di negara-negara di Eropa antara lain Austria, Belgia, Estonia, Italia, Finlandia, Serbia, Spanyol dan Swedia, di Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Maroko, dan di Asia yaitu India dan China.
Mendagri Gamawan Fauzi membeberkan keunggulan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang akan diterapkan di Indonesia, dibandingkan dengan e-KTP yang diterapkan di RRC dan India. Gamawan menyebut, e-KTP di Indonesia lebih komprehensif.
Di RRC, Kartu e-ID tidak dilengkapi dengan biometrik atau rekaman sidik jari. Di sana, e-ID hanya dilengkapi dengan chip yang berisi data perorangan yang terbatas. Sedang di India, sistem yang digunakan untuk pengelolaan data kependudukan adalah sistem UID (unique Identification), yang di Indonesia namanya NIK (Nomor Induk Kependudukan).
“UID diterbitkan melalui register pada 68 titik pelayanan, sedangkan program KTP elektronik di Indonesia akan dilaksanakan di 6.214 kecamatan,” ujar Gamawan.
“Dengan demikian, KTP elektronik yang akan diterapkan di Indonesia merupakan gabungan e-ID RRC dan UID India, karena KTP elektronik dilengkapi dengan biometrik dan chip,”
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Fungsi dan kegunaan e-KTP adalah :
1. Sebagai identitas jati diri
2.Berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya;
3. Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP; Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.
Penerapan KTP berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) telah sesuai dengan pasal 6 Perpres No.26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional Jo Perpres No. 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas Perpres No. 26 Tahun 2009 yang berbunyi :
1. KTP berbasis NIK memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk;
2. Rekaman elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisi biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan;
3.Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk disimpan dalam database kependudukan;
4.  Pengambilan seluruh sidik jari tangan penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan pada saat pengajuan permohonan KTP berbasis NIK, dengan ketentuan : Untuk WNI, dilakukan di Kecamatan; dan Untuk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap dilakukan di Instansi Pelaksana *). 5.
5. Rekaman sidik jari tangan penduduk yang dimuat dalam KTP berbasis NIK sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berisi sidik jari telunjuk tangan kiri dan jari telunjuk tangan kanan penduduk yang bersangkutan;
6. Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
7. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara perekaman sidik jari diatur oleh Peraturan Menteri.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
(sumber : http://www.e-ktp.com)

Pelaksanaan e-KTP yang terliput oleh ktwtamanflora.blogspot.com:
Pelaksanaan e-KTP sangat tertib walaupun menunggu beberapa jam memulai pemotretan dan tanda tangan. Pelaksanaan e-KTP ini berlangsung di wilayah Blok Taman Duta - Kavling Taman Wisata, Bahagia, Babelan, Bekasi.
Berikut ini penampakannya:





ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Berita Lainnya:
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri apabila program e–KTP tidak selesai sesuai jadwal yang ditetapkan, yaitu akhir tahun 2012. 
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
"Saya tahu dan sadar kalau saya mundur pada akhir 2012, mungkin tidak besar pengaruhnya bagi negara, tetapi kalau e-KTP ini tidak beres besar pengaruhnya bagi negara. Karena itu saya akan berkonsentrasi untuk menuntaskan tugas ini," ucap Gamawan dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Senin (30/1/2012).
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Gamawan mengaku, program e-KTP sudah menjadi target prioritas sejak lama karena menyangkut kepentingan pemilu dan 20 kepentingan bangsa lainnya. Awalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta agar program ini dimulai pada tahun 2013. "Akan tetapi karena kepentingan pemilu 2014 karena data penduduk pemilih potesial pemilu (DP4) harus dimasukan pada pertengahan 2013, maka diputuskan penatan ulang Nomor Induk Kependudukan (NIK) diselesaikan pada tahun 2011 dan e KTP pada akhir 2012. " kilah Mendagri.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Selain itu, lanjut Gamawan, e–KTP ini juga diperkirakan bisa digunakan untuk 19 kepentingan lainnya seperti Bank, BPKB, transaksi tanah dan lain-lain. Meski terdapat banyak kekurangan di sana-sini, seperti proses pengadaan alat yang lambat, dan perencanaan yang kurang matang, Gamawan tetap optimistis bahwa program e–KTP akan tetap selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan yaitu akhir 2012.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Dalam hitungan Gamawan, dari proses persiapan seperti pemasangan alat, pengiriman 3.000 petugas lapangan, sampai efektif pembuatan e-KTP yang memakan waktu hanya 3 bulan, september 2011–Desember 2011 bisa menyelesaikan 50 persen pembuatan e-KTP. "Apalagi saat ini 12 bulan yang tinggal bekerja saja (membuat e-KTP-nya saja)," terangnya.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Mendagri mengakui, salah satu persoalan yang membuat lambatnya program e–KTP ada pada perencanaan yang kurang tepat dari Kemendagri dalam distribusi alat pembuat e-KTP.
"Saya akui ini adalah kekeliruan Kemendagri dalam perencanaan kenapa tidak dibagi berdasarkan jumlah penduduk, tetapi ditetapkan per kecamatan dua," ujar Mantan Guebrnur Sumatera Barat ini.

Menurut Gamawan ketika di lapangan, pihaknya kaget karena untuk Jakarta misalnya, pembagian alat tidak mungkin didasarkan per kecamatan karena jumlah penduduknya yang banyak. Harusnya untuk Jakarta, satu kelurahan disediakan empat alat pembuatan e-KTP. Hal yang sama juga berlaku untuk daerah-daerah lain seperti Malang dan Surabaya.

"Di Palembang bahkan sampai jam 3 pagi masyarakat mengantre untuk membuat e-KTP. Saya katakan pada Pak Walikota, nggak usah, cukup sampai jam 11 nanti masyarakat ditodong orang. Bahkan pak Walikota bersedia memberi honor buat petugasnya yang mau bergantian. Itupun hasilnya baru 40 persen," tutur mantan Gubernur Sumatera Barat ini.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Dalam pandangan Gamawan, kendala bagi program e KTP di daerah terpencil adalah sulitnya jangkauan transportasi masyarakat yang harus melalui jarak yang jauh, bukit, gunung dan sungai. Sedangkan di kota–kota besar, kendalanya adalah jumlah penduduk yang padat.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Kesimpulan Komisi II DPR dan Mendagri Soal E-KTP
Komisi II DPR menggelar rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan jajarannya. Sejumlah permasalahan terkait perkembangan program KTP elektronik (e-KTP) menjadi fokus pembahasan.
ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________
Berikut hasil kesimpulan raker yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (30/1). Kesimpulan ini dibacakan oleh ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa.
1.    Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, komisi II DPR RI meminta kepada Kementrian dalam Negeri untuk melanjutkan dan mempercepat penyelesaian program e-KTP di seluruh kabupaten/kota sesuai target selambat-lambatnya pada akhir tahun 2012; termasuk penyelesaian e KTP target tahun 2011 yang akan selesai pada 30 April 2012 untuk selanjutnya menyampaikan laporang perkembangannya dua bulan sekali kepada komisi II DPR RI.
2.    Komisi II DPR RI meminta kepada Menteri Dalam Negeri untuk mendesak ,menegur dan memberi sanksi apabila pihak Konsorsium tidak melaksanakan kewajibannya sesuai kontrak yang telah disepakati.
3.    Terhadap penyelenggaraan Pemilukada di berbagai daerah sepanjang Tahun 2011 dan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2012, Komisi II DPR RI meminta Kementerian Dalam Negeri untuk menyusun berbagai langkah taktis dan strategis terhadap bergagai permasalahan yang terjadi dan dimungkinkan terjadi dalam pemilukada.
4.    Jika dipandang perlu komisi II DPR RI dan Pemerintah mengadakan kunjungan spesifik secara bersama-sama ke lokasi-lokasi penyelenggara Pemilukada. Untuk Selanjutnya Kemendagri menyampaikan data dan informasi yang dimaksud kepada Komisi II DPR RI.

ktwtamanflora.blogspot.com_________________________________

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

LABEL

13 Kecamatan (1) 1435H (1) 3M (1) 5 Kecamatan (1) ABG (1) Aedes Aegypti (1) Air Bersih (1) Air galon (1) Air isi Ulang (1) Aksen (1) Alat Kesehatan (1) Alat lab (1) Alkes (1) Arti Disiplin (1) Babelan (6) Babelan Kota (1) Bahagia (4) Bahasa Asli Bekasi (1) Bahasa Kampung (1) Bekasi (28) Bekasi Utara (13) Berbagi (24) Berdagang (2) Berdebu (1) Berita (3) Berita Lokal (14) Berkualitas (1) Berlibur (1) Bermasalah (1) bisnis (2) Bisnis Online (2) Bisnis Susu (1) Bogor (1) BPJS (1) Bupati Bekasi (1) Catatan Bekasi (2) Chandrabaga (2) Cibarusah (1) Cikarang (1) Ciri Susu (1) Cluster Taman Flora (5) Contoh Surat (1) Contoh Surat-surat warga (2) Curanmor (2) Daftar Harga (1) DBD (1) Dicari (1) Didien (1) Disiplin (1) Do'a (1) Do'a Taman Flora (1) Do'a Warga (1) Donatur (1) Dorsumsisi (1) Download (3) e-KTP (1) Eceran Herbal (1) Electrocautery (1) Endang (1) Event (1) Fasilitas Kesehatan (1) Flash Cutter (1) Fogging (1) Gelandangan (1) Geografi Bekasi (1) Grosir Alkes (1) Grosir Herbal (1) Hal Baru (1) Harapan Usaha Panjang (1) Harga Makanan (1) Harga Minuman (1) Hati-hati (2) Herbal (1) Herbal Bekasi (1) Herbal Berkhasiat (1) Herbal Jawa Barat (1) Herbal Murah (1) Hidup Bersih (1) Himbauan (1) Hymne Bekasi (1) Ibu Kontrakkan (1) ID (1) Industri Kerajinan (1) Internet (4) Izin Industri (1) Izin Tempat Usaha (1) Jakarta (2) Jalan-Jalan (1) Jaringan (1) Jasa Pengamanan (1) Jual Susu (1) Jumlah Penduduk Kab Bekasi (1) Kabupaten Bekasi (15) kabupaten Bekasi Utara (3) Kampung irian (1) Kampung Jati (1) Kampung Kebalen (1) Kampung Kebon Bambu (1) Kampung Poncol (1) Karakteristik Bekasi (1) Kartu Penduduk (1) Kavling Taman Wisata (1) Kebalen (1) Kecamatan Babelan (3) Kejahatan (1) Kelapa Gading (1) Kelemahan Speedy (1) Kelurahan Bahagia (5) Kelurahan di Bekasi (1) Kendaraan (1) Kendaraan Bermotor (1) Kepanitiaan Musholla (1) Kepentingan Ibadah (1) Ketegasan (1) Ketetapan (1) Keunggulan Speedy (1) Keuntungan Besar (1) Khitan (1) Khitan dalam Islam (1) Kilasan (1) Kirim Artikel (1) Klinik (1) Kode Etik Amatir Radio (1) Koneksi Internet (3) Kota Cikarang (1) Kota Kurdis (1) Kotak Amal (1) Kp Kelapa Dua (1) Kp Penggilingan Tengah (1) Kriminal (1) KTP (1) KTW (3) KTW Taman Flora (2) Kurdis (1) lagu Bekasi (1) Lain-lain (3) Laser Carbon Dioxide (1) Layanan Kemanan (1) Layanan Security (1) LEBARAN'S DAY (2) Liburan (1) Lingkungan Kita (1) Listrik (1) Logat Bekasi (1) Luas Kabupaten Bekasi (1) Makanan (2) Malam (1) Maling (1) Manfaat khitan (1) Mars Bekasi (1) Masjid (1) Materai 3000 (1) Materai 6000 (1) Materai Palsu (1) Melamar Bekerja (1) Menarik (1) Mencari Keuntungan (2) Mencari Pekerjaan (1) Mengemis (1) Migas (1) Minta-minta (1) Minuman (1) Modus (1) Ms Word (1) Musholla (1) Musholla Nurul Iman (1) Mutu Kesehatan (1) Nasi Uduk (1) Neneng Hasanah Yasin (1) Obat Herbal (1) Orang bermasalah (1) Organisasi Masyarakat (1) Pajak (1) Paket Internet (1) Parkir (1) Pelajar (1) Pelaku Curanmor (1) Pelarian (1) Pelayanan kesehatan (1) Peluang Usaha (2) Pemalsu (1) Pemekaran (2) Pemekaran Kecamatan (1) Pemerintah (1) Pemerintahan Kecil (1) Pemilihan RW 047 (1) Pencurian (2) Penduduk Bekasi (1) Pengemis (1) Pengendara Motor (1) Pengusaha Nakal (1) Pengutang (1) Penipu (1) Penis (1) Penyemprotan Nyamuk (1) Perbatasan DKI Jakarta (1) Perda Nomor 26 (1) Perilaku (1) PHBS (1) Photo Bareng (1) Photo Gallery (7) Pilihan Bijak (1) PMNI (1) Point Melamar Bekerja (1) Pondok Ungu (1) Provider (1) Pusat Herbal (1) Radio Amatir Bekasi (1) Rakyat Bekasi Utara (1) Resistensi Aedes (1) RS (1) RT (1) RTO (1) Rukun tetangga (1) Rukun Warga (1) Rumah Sakit (1) Rumah Sakit Umum (1) RW 047 (1) Sampah (1) Sanksi (1) Sanksi Pajak (1) Santai (1) Sarana dan Prasarana (1) SD (1) Security (1) Sehat (1) Sejarah Desa Kebalen (1) Sejarah Kota Bekasi (1) Sekolah Bekasi (1) Sembunyi (1) Siaga 1 (1) Sistem Keamanan (1) SMA (1) SMA Di Bekasi (1) SMA Islam Bekasi (1) SMA Kabupaten Bekasi (1) SMA Kota Bekasi (1) SMA Kristen Bekasi (1) SMA Negeri (1) SMA Swasta (1) Smart Clamp (1) SMP (1) SMS (1) SMS Penipuan (1) Sosialisasi (1) Speedy (1) Stasiun Kereta Api (1) STIKes YATSI (1) Sukatani (1) Sumbangan (1) Sumber Alkes (1) Sumber Dana (1) Summarecon Bekasi (1) Sunat (1) Sunat Laser (1) Sunter (1) Surat Izin Gangguan (1) Surat Izin Usaha (1) Surat Keterangan (1) Surat Permohonan (1) Surat Warga (2) Susu (1) Susu Asli (1) Susu Enak (1) Susu Murni (1) Susu Sapi (1) Susu Sapi Cair (1) Susu Sapi Murni (1) Taman Flora (5) Tamasya (1) Tangani Sampah (1) Tangerang (1) Tara Clamp (1) Tegas (1) Telepon (1) Telkom (1) Tempat Asyik (1) Tentang Kami (4) Tidak Becus (1) Tipe Rumah sakit (1) Tips (2) Transmigrasi (1) Transportasi (1) Ucapan (1) Untuk Keluarga (1) Usaha (1) Usia Produktif (1) Visi Misi Usaha (1) Wacana Bekasi Utara (1) Wajib (1) Waspada (2) Wilayah Bekasi (2) Wisata (1)

From Admin



PASANG IKLAN ANDA DISINI MAX. 680px x 300px



Agen Susu Sapi Murni & Susu Kambing Etawa wilayah Pondok Ungu: Info, SMS atau WA 0818 7246 58


Kabar dari :
RW047

KRL BEKASI :


EURO FOOTBAL ONLINE:


KECAMATAN BABELAN VIA WIKIMAPIA.COM:


KELURAHAN BAHAGIA VIA WIKIMAPIA.COM:


PETA DAN TABEL KALENDER TANAM TERPADU KOTA BEKASI SUMBER: BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN:

Download PDF-nya:
Download Kalender Tanam Sekarang