Keunggulan dan Kelemahan Telkom Speedy

TelkomSpeedy

Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).
Berbeda dengan layanan internet dengan koneksi dial-up (seperti TelkomNet Instan), Telkom Speedy menggunakan saluran telepon yang dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Namun, untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem.

Kecepatan Unduh dan Unggah
Bergantung dari paket yang digunakan. Telkom Speedy memiliki kecepatan unduh antara 384 kbps dan maksimum hingga 3 Mbps, dan kecepatan unggah antara 96 kbps dan maksimum hingga 512 kbps.

Perlu di sadari bahwa kecepatan dari Internet ke ISP belum tentu sama dengan kecepatan downstream dari router ADSL. Kadang kala, kecepatan kita dapat lebih rendah karena saluran dari Internet ke ISP di share / digunakan bersama oleh banyak pengguna Internet lainnya.

Di samping itu, mekanisme modulasi pada ADSL akan menghilangkan beberapa kanal modulasinya jika ada gangguan di kabel yang digunakan. Konsekuensinya kecepatan akan turun secara automatis jika terjadi gangguan di kabel.

Modem
Untuk dapat mengakses Speedy, Telkom Speedy tidak dapat mempergunakan modem analog biasa, melainkan harus menggunakan ADSL. Dan pada umumnya modem ADSL ini dijual terpisah.

Modem dapat dihubungkan ke komputer/laptop melalui fasilitas konektor:
  • Ethernet LAN (umumnya memiliki 1 port hingga 4 port
  • Wireless LAN
  • USB


Gambar modem ADSL Speedy merek TPlink TD-W8151N.
Koneksi
Karena teknologi yang digunakan hanya dapat menerima jaringan telepon tertentu saja, Maka untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik dan stabil. serta memiliki alat Digital Subscriber Line Access Multiplexer yang dapat diperoleh di Sentra Telepon Otomatis di Kantor Telkom di seluruh Indonesia.
Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi:
  • Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat
  • Koneksi Internet melalui Broadband Remote Access Server , dengan terlebih dahulu melalui proses otentikasi di Remote Authentication Dial In User Server untuk verifikasi username dan password pelanggan
Keunggulan dan Kelemahan Telkom Speedy (berdasarkan Lokasi di Bekasi Utara)

Keunggulan:
  • Pelanggan dapat tersambung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima / menelepon.
  • Kecepatan jauh lebih tinggi dari modem biasa.
  • Tidak perlu kabel telepon baru, ADSL memungkinkan mengggunakan kabel telepon yang ada.
  • Sebagai alternatif koneksi internet yang stabil bila tidak hujan dan angin (kabel telkom bergoyang) karena di Bekasi Utara tidak mudah menemukan koneksi Provider lain seperti First Media atau Biznet atau lainnya.
Kelemahan:
  • Sambungan Telkom Speedy akan bekerja dengan sempurna jika lokasi kita cukup dekat dengan sentral telepon. Paling tidak dalam jarak 2-3 km bentangan kabel biasanya cukup aman untuk digunakan ADSL sampai kecepatan sekitar 8Mbps. Teknologi DSL yang baru dapat mengirimkan data pada kecepatan sangat tinggi s/d 100Mbps, tentu untuk jarak yang sangat pendek.
  • Sambungan Telkom Speedy lebih cepat untuk menerima data daripada mengirim data melalui Internet.
  • Kabel tembaga tua dapat menurunkan kualitas sambungan dan menurunkan kecepatan.
  • Pada saat musim hujan, air sangat menganggu kualitas kabel telepon. Apalagi kalau banjir dan menenggelamkan Rumah Kabel telepon, dijamin akan menambah redaman kabel dan akan mengurangi kualitas sambungan ADSL.
  • Layanan Telkom Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada kabel telepon.
  • Sayangnya di Bekasi Utara tidak ada jaringan kabel telepon baru yang ada adalah jaringan kabel telepon lama yang bila kena hujan dan angin besar maka hasilnya adalah putus koneksi berulang-ulang, ditambah seringnya mati lampu sebagai alasan lain karena sentral telepon mati maka otomatis "genset" harus dihidupkan dan menambah lemahnya koneksi. (Inilah fakta yang terjadi saat ini)
Minat pemasangan:
  •  Untuk di KTW - Taman Flora sendiri, minat pemasangan telepon tidak terlalu antusias karena banyak sekali tiang-tiang telepon yang berdiri dan menganggur akibat warganya lebih memilih jaringan dari Firstmedia sebagai koneksi internet dan TV kabel yang handal, tetap stabil walau hujan dan angin kencang. Sedangkan alternatif kedua, para warga lebih memilih Provider jaringan internet dari modem-modem type flash yang tersedia seperti koneksi seluler GSM dan CDMA dengan alasan lebih hemat dan praktis dibanding speedy.
  • Jaringan koneksi speedy umumnya banyak digunakan sebagai alternatif kedua bagi warnet-warnet dengan jumlah client sedikit (jumlahnya hanya 1-6 pc saja. Sedangkan pilihan utamya adalah provider-provider besar yang menyediakan koneksi "hebat" untuk warnet yang berupa layanan game online.

Karakteristik Modem Bawaan Speedy

Pertama:

adalah modem ZTE zxv10 dengan paket speedy anda di bawah 1 mbps atau dikenal dengan modem rumahan, koneksi restart otomatis 2 sampai 3 kali sehari dalam pemakaian 12 jam lebih (misalnya dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam).



Kedua:

adalah modem TPlink TD-W8151N dengan paket speedy anda 1mbps hingga 3 mbps atau dikenal dengan paket bisnis sekelas warnet yang mempunyai lebih dari 6 client pc, koneksi restart otomatis 1 kali sehari dalam pemakaian 12 jam (misalnya dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam).



Proses pemasangan Speedy:
- Disarankan anda menghubungi plaza telkom terdekat (walau secara online dapat dilakukan), kemudian pilih paket sesuai kebutuhan, dan perhatikan baik-baik kecepatan baca data untuk paket unlimited yang anda ambil. Misalnya 384kbps/ sekelas rumahan kekuatan koneksi meliputi browsing web yang tampilannya tidak banyak dengan animasi-animasi, atau download data yang seperlunya saja seperti mencari driver-driver hardware kebutuhan komputer anda. Sedangkan untuk yang senang dengan game online atau mendownload film-film ambil paket  512kbps untuk share kurang lebih 1-2 komputer saja, 1mbps untuk share kurang lebih 1-3 komputer saja atau 2mbps untuk share 4 hingga 10 komputer saja. Selebihnya anda akan tahu bila telah memasang dan mengalaminya sendiri.

- Tanpa pembayaran awal anda akan disurvey terlebih dahulu mengenai jaringan sekitar dimana tempat anda yang akan dipasangi speedy, yang utama adalah anda harus mempunyai jaringan telepon bila tidak ada anda diharuskan mendaftar atau meminjam jaringan telepon disekitar anda yang dapat dipercaya untuk ditumpangi jalur speedy. Estimasi kelayakan tempat biasanya 1 sampai 5 hari kerja dan anda langsung diberi tahu oleh pihak mitra Telkom. (perlu diperhatikan: bahwasanya Telkom mempunyai mitra untuk layanan pemasangan kabel telepon, jadi bukan dari PT telkomnya langsung).

- Jangan sampai anda mendaftar untuk kedua kali, misalnya setelah mendaftar dari Plaza Telkom terdekat lalu anda mendaftar online, maka anda akan terus ditelepon oleh mitra Telkom tersebut untuk pemasangan baru. Bila layanan cepat untuk satu hari, biasanya mitra Telkom ini akan menarik kabel dari tiang telepon terdekat dan bonus kabel telepon adalah sekitar 90 meter (yang biasa terjadi di lapangan). Bila panjang kabel lebih dari 90 meter maka anda akan dikenakan tambahan biaya kabel sebesar Rp. 2.500 per meternya. Mungkin anda tidak yakin akan hal ini, karena Mitra telkom merupakan orang lapangan dan orang lapangan berbeda dengan pihak staf telkom yang hanya tahu laporan saja. Jadi, harap maklum jika anda membayar tambahan seperti itu serta misalkan kotak telepon kecil yang ada rusak, jangan anda pikir dengan membeli di toko alat-alat listrik seharga Rp. 5.000,- akan sama dengan yang dibawa Mitra Telkom tersebut. kadang mereka menjualnya lebih kepada anda. Sekali lagi harap maklum hingga sampai disini.

- Pemasangan kabel telepon sudah selesai hingga bunyi "Kring" dan pesawat telepon harus anda sediakan sendiri. Anda akan menerima kwitansi bermaterai Rp. 6.000 mengenai pembayaran instalasi kabel telepon seperti yang telah ditetapkan pada saat pengajuan pemasangan paket speedy di plaza telkom. Dan selanjutnya tunggulah untuk pelayanan pemasangan/ instalasi speedy biasanya 1 sampai 5 hari kerja. Pemasangan/ instalasi speedy adalah free modem yang ditawarkan oleh Telkom, tergantung paket apa yang anda ambil.

Bila speedy sudah aktif, maka selamat menikmati layanan stabil dari Telkom Speedy berdasarkan kebutuhan paket internet anda dan jangan lupa untuk "menjamu" para Mitra Telkom ini yang telah berat bekerja di lapangan. : P
(Semua catatan berdasarkan fakta yang ada di wilayah Kecamatan Babelan - Bekasi)

0 komentar:

Posting Komentar

LABEL

13 Kecamatan (1) 1435H (1) 3M (1) 5 Kecamatan (1) ABG (1) Aedes Aegypti (1) Air Bersih (1) Air galon (1) Air isi Ulang (1) Aksen (1) Alat Kesehatan (1) Alat lab (1) Alkes (1) Arti Disiplin (1) Babelan (6) Babelan Kota (1) Bahagia (4) Bahasa Asli Bekasi (1) Bahasa Kampung (1) Bekasi (28) Bekasi Utara (13) Berbagi (24) Berdagang (2) Berdebu (1) Berita (3) Berita Lokal (14) Berkualitas (1) Berlibur (1) Bermasalah (1) bisnis (2) Bisnis Online (2) Bisnis Susu (1) Bogor (1) BPJS (1) Bupati Bekasi (1) Catatan Bekasi (2) Chandrabaga (2) Cibarusah (1) Cikarang (1) Ciri Susu (1) Cluster Taman Flora (5) Contoh Surat (1) Contoh Surat-surat warga (2) Curanmor (2) Daftar Harga (1) DBD (1) Dicari (1) Didien (1) Disiplin (1) Do'a (1) Do'a Taman Flora (1) Do'a Warga (1) Donatur (1) Dorsumsisi (1) Download (3) e-KTP (1) Eceran Herbal (1) Electrocautery (1) Endang (1) Event (1) Fasilitas Kesehatan (1) Flash Cutter (1) Fogging (1) Gelandangan (1) Geografi Bekasi (1) Grosir Alkes (1) Grosir Herbal (1) Hal Baru (1) Harapan Usaha Panjang (1) Harga Makanan (1) Harga Minuman (1) Hati-hati (2) Herbal (1) Herbal Bekasi (1) Herbal Berkhasiat (1) Herbal Jawa Barat (1) Herbal Murah (1) Hidup Bersih (1) Himbauan (1) Hymne Bekasi (1) Ibu Kontrakkan (1) ID (1) Industri Kerajinan (1) Internet (4) Izin Industri (1) Izin Tempat Usaha (1) Jakarta (2) Jalan-Jalan (1) Jaringan (1) Jasa Pengamanan (1) Jual Susu (1) Jumlah Penduduk Kab Bekasi (1) Kabupaten Bekasi (15) kabupaten Bekasi Utara (3) Kampung irian (1) Kampung Jati (1) Kampung Kebalen (1) Kampung Kebon Bambu (1) Kampung Poncol (1) Karakteristik Bekasi (1) Kartu Penduduk (1) Kavling Taman Wisata (1) Kebalen (1) Kecamatan Babelan (3) Kejahatan (1) Kelapa Gading (1) Kelemahan Speedy (1) Kelurahan Bahagia (5) Kelurahan di Bekasi (1) Kendaraan (1) Kendaraan Bermotor (1) Kepanitiaan Musholla (1) Kepentingan Ibadah (1) Ketegasan (1) Ketetapan (1) Keunggulan Speedy (1) Keuntungan Besar (1) Khitan (1) Khitan dalam Islam (1) Kilasan (1) Kirim Artikel (1) Klinik (1) Kode Etik Amatir Radio (1) Koneksi Internet (3) Kota Cikarang (1) Kota Kurdis (1) Kotak Amal (1) Kp Kelapa Dua (1) Kp Penggilingan Tengah (1) Kriminal (1) KTP (1) KTW (3) KTW Taman Flora (2) Kurdis (1) lagu Bekasi (1) Lain-lain (3) Laser Carbon Dioxide (1) Layanan Kemanan (1) Layanan Security (1) LEBARAN'S DAY (2) Liburan (1) Lingkungan Kita (1) Listrik (1) Logat Bekasi (1) Luas Kabupaten Bekasi (1) Makanan (2) Malam (1) Maling (1) Manfaat khitan (1) Mars Bekasi (1) Masjid (1) Materai 3000 (1) Materai 6000 (1) Materai Palsu (1) Melamar Bekerja (1) Menarik (1) Mencari Keuntungan (2) Mencari Pekerjaan (1) Mengemis (1) Migas (1) Minta-minta (1) Minuman (1) Modus (1) Ms Word (1) Musholla (1) Musholla Nurul Iman (1) Mutu Kesehatan (1) Nasi Uduk (1) Neneng Hasanah Yasin (1) Obat Herbal (1) Orang bermasalah (1) Organisasi Masyarakat (1) Pajak (1) Paket Internet (1) Parkir (1) Pelajar (1) Pelaku Curanmor (1) Pelarian (1) Pelayanan kesehatan (1) Peluang Usaha (2) Pemalsu (1) Pemekaran (2) Pemekaran Kecamatan (1) Pemerintah (1) Pemerintahan Kecil (1) Pemilihan RW 047 (1) Pencurian (2) Penduduk Bekasi (1) Pengemis (1) Pengendara Motor (1) Pengusaha Nakal (1) Pengutang (1) Penipu (1) Penis (1) Penyemprotan Nyamuk (1) Perbatasan DKI Jakarta (1) Perda Nomor 26 (1) Perilaku (1) PHBS (1) Photo Bareng (1) Photo Gallery (7) Pilihan Bijak (1) PMNI (1) Point Melamar Bekerja (1) Pondok Ungu (1) Provider (1) Pusat Herbal (1) Radio Amatir Bekasi (1) Rakyat Bekasi Utara (1) Resistensi Aedes (1) RS (1) RT (1) RTO (1) Rukun tetangga (1) Rukun Warga (1) Rumah Sakit (1) Rumah Sakit Umum (1) RW 047 (1) Sampah (1) Sanksi (1) Sanksi Pajak (1) Santai (1) Sarana dan Prasarana (1) SD (1) Security (1) Sehat (1) Sejarah Desa Kebalen (1) Sejarah Kota Bekasi (1) Sekolah Bekasi (1) Sembunyi (1) Siaga 1 (1) Sistem Keamanan (1) SMA (1) SMA Di Bekasi (1) SMA Islam Bekasi (1) SMA Kabupaten Bekasi (1) SMA Kota Bekasi (1) SMA Kristen Bekasi (1) SMA Negeri (1) SMA Swasta (1) Smart Clamp (1) SMP (1) SMS (1) SMS Penipuan (1) Sosialisasi (1) Speedy (1) Stasiun Kereta Api (1) STIKes YATSI (1) Sukatani (1) Sumbangan (1) Sumber Alkes (1) Sumber Dana (1) Summarecon Bekasi (1) Sunat (1) Sunat Laser (1) Sunter (1) Surat Izin Gangguan (1) Surat Izin Usaha (1) Surat Keterangan (1) Surat Permohonan (1) Surat Warga (2) Susu (1) Susu Asli (1) Susu Enak (1) Susu Murni (1) Susu Sapi (1) Susu Sapi Cair (1) Susu Sapi Murni (1) Taman Flora (5) Tamasya (1) Tangani Sampah (1) Tangerang (1) Tara Clamp (1) Tegas (1) Telepon (1) Telkom (1) Tempat Asyik (1) Tentang Kami (4) Tidak Becus (1) Tipe Rumah sakit (1) Tips (2) Transmigrasi (1) Transportasi (1) Ucapan (1) Untuk Keluarga (1) Usaha (1) Usia Produktif (1) Visi Misi Usaha (1) Wacana Bekasi Utara (1) Wajib (1) Waspada (2) Wilayah Bekasi (2) Wisata (1)

From Admin



PASANG IKLAN ANDA DISINI MAX. 680px x 300px



Agen Susu Sapi Murni & Susu Kambing Etawa wilayah Pondok Ungu: Info, SMS atau WA 0818 7246 58


Kabar dari :
RW047

KRL BEKASI :


EURO FOOTBAL ONLINE:


KECAMATAN BABELAN VIA WIKIMAPIA.COM:


KELURAHAN BAHAGIA VIA WIKIMAPIA.COM:


PETA DAN TABEL KALENDER TANAM TERPADU KOTA BEKASI SUMBER: BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN:

Download PDF-nya:
Download Kalender Tanam Sekarang