Benarkah Bekasi merupakan Kota Kurdis (Kurang Disiplin)?

Kabupaten Bekasi merupakan daerah urbanisasi dengan intensitas tinggi, yang ditandai dengan tingginya penduduk pendatang (temporer) yang memenuhi ruang wilayah Bekasi. Begitu pula pertumbuhan industri yang pesat yang ditandai dengan banyaknya pembangunan pabrik berskala nasional, menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai daerah industri. Kabupaten Bekasi mempunyai karakteristik masyarakatnya yang heterogen (terdiri dari orang-orang dengan macam-macam perilaku, dan juga bahasa).
Disinilah perlunya kedisiplinan dalam berinteraksi sosial. Karena dengan sikap disiplin maka peraturan-peraturan yang ada tidak akan terlanggar jauh dari yang sudah ditetapkan.
Mari kita telaah tentang arti disiplin, seperti yang telah disebutkan di atas bahwa disiplin merupakan perasaan masyarakat Bekasi yang taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Pendisiplinan adalah usaha-usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar masyarakat Bekasi memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman dimana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Disiplin diri merujuk pada pelatihan yang didapatkan seseorang untuk memenuhi tugas tertentu atau untuk mengadopsi pola perilaku tertentu, walaupun orang tersebut lebih senang melakukan hal yang lain. Sebagai contoh, seseorang mungkin saja tidak melakukan sesuatu yang menurutnya memuaskan dan menyenangkan dengan membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang ia inginkan dan menyumbangkan uang tersebut kepada organisasi amal dengan pikiran bahwa hal tersebut lebih penting.

Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin yaitu “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Disiplin memerlukan integritas emosi dalam mewujudakan keadaan. disiplin diri dapat bermula pada suatu hal yang kecil, contoh : bagi pekerja yang mampu membagi waktu kerjaannya, membagi waktu beribadah sehingga tak menimbulkan suatu pertabrakan kegiatan pada waktu yang sama.

Nah, dengan disiplin inilah, masyarakat Bekasi menjadikan disiplin sebagai modal utama untuk meraih kemajuan, semua kejayaan dan kesuksesan. Sebaliknya, jika masyarakat Bekasi tidak menggakkan kedisiplinan dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan maka secara perlahan kita semua akan menanti munculnya kegagalan atau kehancuran sebuah pemerintahan atau lingkup organisasi kemasyarakatan lainnya.

Sebenarnya, apa sih keuntungan bagi masyarakat Bekasi yang disiplin itu?
Diantaranya adalah timbul rasa percaya diri, merasa tenang, selalu efektif dalam segala hal dll. Sebaliknya , semua masyarakat yang tidak disiplin akan memperoleh banyak keraguan dan kekecewaan, misalnya pejabat yang tidak disiplin dalam kerjanya tidak akan mendapat nilai kerja yang memuaskan atau dirasakan oleh masyarakatnya.
Salah satu sikap disiplin yang paling utama adalah disiplin waktu, semua ibadah dalam islam berkaitan dengan waktu contohnya puasa walaupun sangat lapar dan haus tetap tidak boleh makan dan minum apabila belum tiba waktunya.

Kita semua sebagai masyarakat Bekasi akan selalu beruntung apabila senantiasa bisa menggunakan waktu untuk berbuat kebaikan. Dan sebaliknya Kita semua sebagai masyarakat Bekasi akan sangat rugi apabila dalam hidupnya hanya menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat sepeti dalam firman Allah dalam surat Al Asr yang artinya: (1) Demi waktu (2) sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Sikap disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan terutama ketika beribadah karna ketika ibadah sudah kita lakukan dengan disiplin maka dalam hidup sehari-haripun akan tebiasa disiplin.

Dari contoh yang ada sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa akibat dari sikap tidak disiplin pada diri bukan hanya pada yang terjadi pada diri sendiri, namun juga dapat berpengaruh terhadap orang lain/ masyarakat Bekasi, seperti: rasa percaya diri yang menjadi rendah dan sulit untuk merubah diri karena seorang ”atasan kerja/ pejabat” mencontohkan tidak disiplin.

Peran keluarga juga sangat penting dan dibutuhkan dalam membentuk disiplin anak atau bahkan tetangga-tetangga sekitar.
Dari uraian di atas, benarkah kita akan menunggu kehancuran Kabupaten Bekasi dalam ketidak disiplinan?
Berikut ini sebagian contoh-contoh atau fakta yang ada di masyarakat Bekasi:

Dalam hal perhubungan:
-       Sudah mulai tidak adanya kedispilnan/ ketegasan dalam berkendara, seperti sudah terbiasanya para pelajar mengemudikan semua kendaraan bermotor di jalan raya baik yang tipe standar hingga ber “CC” besar, baik SMA bahkan hingga anak-anak SD.
-       Beberapa pasal untuk transportasi khusus yang dilarang masuk Kota atau daerah tertentu namun sekarang sudah bebas.
-       Kepedulian aparat yang tidak seperti dulu selalu mengutamakan kepentingan bersama. Begitu juga sebaliknya, karena kedisiplinan pelanggar sudah tidak ada, maka aparat pun menjadi lawan secara tidak langsung maupun secara langsung.
-       Dan masih banyak lagi yang dari tahun ke tahun, tidak pernah adanya keseriusan pengaturan angkutan umum. Dsb.

Dalam Birokrasi pemerintahan kecil:
-       Adanya tindak pelanggaran “tembak” identitas secara instant untuk pendatang
-       Kepengurusan surat-surat tanah di tingkat kelurahan
-       Dsb.

Dalam kebersihan ruang tata Kota atau Kabupaten:
-       Penataan banner –banner perumahan dan lain sebagainya yang berukuran besar dan menjadikan pemandangan yang buruk.
-       Pengelolaan perparkiran
-       Dsb.

Dalam hal pekerjaan umum:
-       Masih banyak jalan-jalan yang diberikan “proyeknya” kepada pemborong/ kontraktor-kontraktor bodong, sehingga banyak anggaran pembangunan jalan yang “disunat”.
-       Dsb.

Dalam hal ketertiban:
-       Masih banyak terjadi premanisme
-       Masih banyak pembangunan-pembangunan usaha dengan surat/ ijin “bodong”.
-       Dsb.

Dan masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran disiplin kemasyarakatan yang dilanggar. Dan bila hal ini meningkat tajam di tahun 2013, berarti pemilihan para tokoh/ pejabat merupakan salah satu faktor pemilihan yang salah atau dengan kata lain telah terjadi “money politic” dimasa lalunya, karena saat ini tidak terlihatnya kemampuan/ skill politik dari figur pemerintahan daerah yang terpilih.
 
Untuk ini semua, mari kita mulai membangkitkan kembali semangat disiplin masyarakat Bekasi sebelum kehancuran dan kegagalan sistem pemerintahan berlangsung. Ingat, karena Kabupaten Bekasi mempunyai karakteristik masyarakatnya yang heterogen (terdiri dari orang-orang dengan macam-macam perilaku, dan juga bahasa) maka untuk menjadikan Kabupaten Bekasi berwibawa hingga ke pemerintahan terkecil di masyarakatnya, Disiplinlah, kunci dari pengikat perbedaan itu semua!

0 komentar:

Posting Komentar

LABEL

13 Kecamatan (1) 1435H (1) 3M (1) 5 Kecamatan (1) ABG (1) Aedes Aegypti (1) Air Bersih (1) Air galon (1) Air isi Ulang (1) Aksen (1) Alat Kesehatan (1) Alat lab (1) Alkes (1) Arti Disiplin (1) Babelan (6) Babelan Kota (1) Bahagia (4) Bahasa Asli Bekasi (1) Bahasa Kampung (1) Bekasi (28) Bekasi Utara (13) Berbagi (24) Berdagang (2) Berdebu (1) Berita (3) Berita Lokal (14) Berkualitas (1) Berlibur (1) Bermasalah (1) bisnis (2) Bisnis Online (2) Bisnis Susu (1) Bogor (1) BPJS (1) Bupati Bekasi (1) Catatan Bekasi (2) Chandrabaga (2) Cibarusah (1) Cikarang (1) Ciri Susu (1) Cluster Taman Flora (5) Contoh Surat (1) Contoh Surat-surat warga (2) Curanmor (2) Daftar Harga (1) DBD (1) Dicari (1) Didien (1) Disiplin (1) Do'a (1) Do'a Taman Flora (1) Do'a Warga (1) Donatur (1) Dorsumsisi (1) Download (3) e-KTP (1) Eceran Herbal (1) Electrocautery (1) Endang (1) Event (1) Fasilitas Kesehatan (1) Flash Cutter (1) Fogging (1) Gelandangan (1) Geografi Bekasi (1) Grosir Alkes (1) Grosir Herbal (1) Hal Baru (1) Harapan Usaha Panjang (1) Harga Makanan (1) Harga Minuman (1) Hati-hati (2) Herbal (1) Herbal Bekasi (1) Herbal Berkhasiat (1) Herbal Jawa Barat (1) Herbal Murah (1) Hidup Bersih (1) Himbauan (1) Hymne Bekasi (1) Ibu Kontrakkan (1) ID (1) Industri Kerajinan (1) Internet (4) Izin Industri (1) Izin Tempat Usaha (1) Jakarta (2) Jalan-Jalan (1) Jaringan (1) Jasa Pengamanan (1) Jual Susu (1) Jumlah Penduduk Kab Bekasi (1) Kabupaten Bekasi (15) kabupaten Bekasi Utara (3) Kampung irian (1) Kampung Jati (1) Kampung Kebalen (1) Kampung Kebon Bambu (1) Kampung Poncol (1) Karakteristik Bekasi (1) Kartu Penduduk (1) Kavling Taman Wisata (1) Kebalen (1) Kecamatan Babelan (3) Kejahatan (1) Kelapa Gading (1) Kelemahan Speedy (1) Kelurahan Bahagia (5) Kelurahan di Bekasi (1) Kendaraan (1) Kendaraan Bermotor (1) Kepanitiaan Musholla (1) Kepentingan Ibadah (1) Ketegasan (1) Ketetapan (1) Keunggulan Speedy (1) Keuntungan Besar (1) Khitan (1) Khitan dalam Islam (1) Kilasan (1) Kirim Artikel (1) Klinik (1) Kode Etik Amatir Radio (1) Koneksi Internet (3) Kota Cikarang (1) Kota Kurdis (1) Kotak Amal (1) Kp Kelapa Dua (1) Kp Penggilingan Tengah (1) Kriminal (1) KTP (1) KTW (3) KTW Taman Flora (2) Kurdis (1) lagu Bekasi (1) Lain-lain (3) Laser Carbon Dioxide (1) Layanan Kemanan (1) Layanan Security (1) LEBARAN'S DAY (2) Liburan (1) Lingkungan Kita (1) Listrik (1) Logat Bekasi (1) Luas Kabupaten Bekasi (1) Makanan (2) Malam (1) Maling (1) Manfaat khitan (1) Mars Bekasi (1) Masjid (1) Materai 3000 (1) Materai 6000 (1) Materai Palsu (1) Melamar Bekerja (1) Menarik (1) Mencari Keuntungan (2) Mencari Pekerjaan (1) Mengemis (1) Migas (1) Minta-minta (1) Minuman (1) Modus (1) Ms Word (1) Musholla (1) Musholla Nurul Iman (1) Mutu Kesehatan (1) Nasi Uduk (1) Neneng Hasanah Yasin (1) Obat Herbal (1) Orang bermasalah (1) Organisasi Masyarakat (1) Pajak (1) Paket Internet (1) Parkir (1) Pelajar (1) Pelaku Curanmor (1) Pelarian (1) Pelayanan kesehatan (1) Peluang Usaha (2) Pemalsu (1) Pemekaran (2) Pemekaran Kecamatan (1) Pemerintah (1) Pemerintahan Kecil (1) Pemilihan RW 047 (1) Pencurian (2) Penduduk Bekasi (1) Pengemis (1) Pengendara Motor (1) Pengusaha Nakal (1) Pengutang (1) Penipu (1) Penis (1) Penyemprotan Nyamuk (1) Perbatasan DKI Jakarta (1) Perda Nomor 26 (1) Perilaku (1) PHBS (1) Photo Bareng (1) Photo Gallery (7) Pilihan Bijak (1) PMNI (1) Point Melamar Bekerja (1) Pondok Ungu (1) Provider (1) Pusat Herbal (1) Radio Amatir Bekasi (1) Rakyat Bekasi Utara (1) Resistensi Aedes (1) RS (1) RT (1) RTO (1) Rukun tetangga (1) Rukun Warga (1) Rumah Sakit (1) Rumah Sakit Umum (1) RW 047 (1) Sampah (1) Sanksi (1) Sanksi Pajak (1) Santai (1) Sarana dan Prasarana (1) SD (1) Security (1) Sehat (1) Sejarah Desa Kebalen (1) Sejarah Kota Bekasi (1) Sekolah Bekasi (1) Sembunyi (1) Siaga 1 (1) Sistem Keamanan (1) SMA (1) SMA Di Bekasi (1) SMA Islam Bekasi (1) SMA Kabupaten Bekasi (1) SMA Kota Bekasi (1) SMA Kristen Bekasi (1) SMA Negeri (1) SMA Swasta (1) Smart Clamp (1) SMP (1) SMS (1) SMS Penipuan (1) Sosialisasi (1) Speedy (1) Stasiun Kereta Api (1) STIKes YATSI (1) Sukatani (1) Sumbangan (1) Sumber Alkes (1) Sumber Dana (1) Summarecon Bekasi (1) Sunat (1) Sunat Laser (1) Sunter (1) Surat Izin Gangguan (1) Surat Izin Usaha (1) Surat Keterangan (1) Surat Permohonan (1) Surat Warga (2) Susu (1) Susu Asli (1) Susu Enak (1) Susu Murni (1) Susu Sapi (1) Susu Sapi Cair (1) Susu Sapi Murni (1) Taman Flora (5) Tamasya (1) Tangani Sampah (1) Tangerang (1) Tara Clamp (1) Tegas (1) Telepon (1) Telkom (1) Tempat Asyik (1) Tentang Kami (4) Tidak Becus (1) Tipe Rumah sakit (1) Tips (2) Transmigrasi (1) Transportasi (1) Ucapan (1) Untuk Keluarga (1) Usaha (1) Usia Produktif (1) Visi Misi Usaha (1) Wacana Bekasi Utara (1) Wajib (1) Waspada (2) Wilayah Bekasi (2) Wisata (1)

From Admin



PASANG IKLAN ANDA DISINI MAX. 680px x 300px



Agen Susu Sapi Murni & Susu Kambing Etawa wilayah Pondok Ungu: Info, SMS atau WA 0818 7246 58


Kabar dari :
RW047

KRL BEKASI :


EURO FOOTBAL ONLINE:


KECAMATAN BABELAN VIA WIKIMAPIA.COM:


KELURAHAN BAHAGIA VIA WIKIMAPIA.COM:


PETA DAN TABEL KALENDER TANAM TERPADU KOTA BEKASI SUMBER: BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN:

Download PDF-nya:
Download Kalender Tanam Sekarang